Elemen Bisnis
Elemen bisnis adalah faktor penunjang dalam kegiatan bisnis, baik yang
bersifat teknis maupun non-teknis. Empat elemen bisnis yang utama adalah :
1. Modal: Biasa disebut juga dengan istilah Capital. Modal dapat berbentuk
material dan non material. Dalam pengertian ini, modal dapat diintrpretasikan
sebagai sejumlah uang yang digunakan untuk menjalankan kegiatan bisnis
seperti memperoleh bahan baku, upah tenaga kerja dan sebagainya. Yang
penting disini adalah “bagaimana mengelola modal secara optimal sehingga
bisnis yang dijalankan dapat berhasil dengan sukses. Modal dapat diperleh
dari berbagai sumber yaitu modal sendiri, modal pinjaman dan modal
patungan (kerja sama).
2. Bahan Baku (Material): Semua bahan (sumber alam) yang diperlukan
sebagai
menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Yang perlu
diperhatikan untuk mencapai keunggulan bisnis adalah kualitas bahan karena
dapat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan.
3. Sumber Daya Manusia (Human Resource): Karyawan merupakan salah
satu sumber daya dan sekaligus input yang berharga yang dimiliki
perusahaan. Dalam suatu perusahaan, antara karyawan dan pimpinan memiliki
kepentingannya masing-masing. Karyawan menginginkan adanya imbalan
factor produksi dalam melaksanakan aktivitas bisnis, guna
berupa upah yang layak dari hasil kerja mereka, sedangkan pimpian
menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan oleh besarnya omzet
penjualan dan laba. Menurut Nawawi (2003) bahwa:” SDM yang
dipekerjakan dalam sebuah perusahaan harus memenuhi kualifiasi: a.
Memiliki kemampuan kompetitif (SDM Kompetitif) dan b. Memiliki
kemampuan berkualitas tinggi (SDM Berkualitas)
4. Keterampilan Manajemen (Management Skill): Keterampilan yang paling
penting adalah keterampilan memungkinkan manajer dapat membantu orang
lain (dalam hal ini karyawan) sehingga menjadi lebih produktif di tempat
kerja. Robert. L. Katz menggolongkan keterampilan asar manajer tersebut
menjadi tiga kategori yaitu;
ketrampilan manusiawi (human skills) dan keterampilan keknis (technical
skills). Ketiga keterampilan tersebut penting bagi setiap manajer,namun
tingkat kepentingan masing-masing keterampilan tersebut berbeda-beda
sesuai dengan tingkat tanggung jawab manajerialnya.
Bisnis dapat dilihat sebagai keseluruhan system yang tediri dari subsystem
yang lebih kecil seperti produksi, pemasaran, SDM, keuangan dan sebagainya. Bila
digambarkan, maka system bisnis ini akan tampak seperti pada gambar berikut:
INPUT
Bisnis menerima input dan Mengoperasikannya dalam Kendala kingkungan fisik, Ekonomi, politik, hukum, Teknologi dan social. keterampilan konsep (conceptual skills),
PROSES
Bisnis memproses input dengan cara yang paling efisien dengan mengorga -nisasikan sumber daya, Memotivasi SDM dan Mengaplikasikan teknologi yang tepat.
OUTPUT
Bisnis menghasilkan barang dan jasa untuk memuaskankebutuhan konsumen sehingga menciptakan manfaat ekonomi dan sosial serta meningkatkan standar kehidupan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar