Produsen sebuah produk baik barang atau jasa,
membutuhkan strategi promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada
konsumen. Strategi promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya
kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya para
pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk mempromosikan
produk mereka, guna memperoleh perhatian dari masyarakat.
Kegiatan promosi produk, tidak selamanya membutuhkan
biaya yang cukup besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun,
kegiatan promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah
kreatifitas Anda untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir dana.
Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal, tentu akan
menghasilkan respon pasar yang lebih optimal. Oleh sebab itu, sebagai
tambahan informasi, berikut kami informasikan 18 strategi promosi cerdas,
bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun.
1. Menyusun daftar rencana promosi
Pertama, susunlah rencana promosi untuk menarik
konsumen, mulai dari tujuan promosi, target pasar, nilai lebih
produk yang akan ditawarkan, besaran anggaran dana yang digunakan, serta
buatlah daftar kegiatan promosi untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen.
2. Tentukan konsep promosi sebelum memulai usaha
Sebelum memulai usaha, cari tahu mengenai besarnya
minat konsumen untuk menggunakan atau membeli produk Anda. Selanjutnya tentukan
konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan khusus
pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis Anda.
3. Pilih sasaran pasar yang tepat
Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target
pasar produk Anda kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki
kebutuhan sesuai dengan produk Anda. Bila produk Anda sudah tersebar dan
dikenal masyarakat, Anda dapat memperluas sasaran pasar.
4. Fokus kepada pelanggan
Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka,
jadi yakinkan pelanggan dengan memberikan informasi bagaimana produk Anda
bermanfaat untuk mereka.
5. Penuhi permintaan pelanggan
Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan
apa yang mereka inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan
penuhi dengan menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang
Anda ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.
6. Berikan informasi gratis
Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan
produk Anda, misalnya dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website
yang memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu kirimkan
sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk Anda.
7. Gunakanan online marketing
Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email
kepada para pelanggan sebagai bentuk berkomunikasi. Bisa juga dengan
membuat grup melalui facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui
informasi produk Anda melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal
maupun internasional.
8. Manfaatkan relasi media
Usahakan agar bisnis Anda dimuat dimedia massa atau
elektronik, sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan
gratis. Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin meliputnya.
Perluas jaringan Anda dengan mencari relasi media yang bisa diajak kerjasama
untuk mempromosikan bisnis Anda.
9. Masuklah ke dalam komunitas
Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha
kecil dan menengah yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya.
Jika Anda menjual pada komunitas yang sering Anda ikuti, maka tidak diperlukan
lagi biaya iklan.
10. Memasang papan iklan
Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat
promosi yang bagus. Karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi
tersebut.
11. Lakukan hal kecil yang berdampak besar
Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar
mandi yang bersih, mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang
menarik, serta kebersihan lokasi usaha Anda ternyata mempengaruhi image
konsumen terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.
12. Berikan hadiah untuk konsumen
Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis,
atau softdrink gratis, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para
konsumen yang menggunakan produk Anda. Sehingga mereka tidak segan untuk
kembali menggunakan produk Anda.
13. Gunakan strategi word of mouth
Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui
mulut ke mulut. Dengan memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka
akan meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi produk
Anda tersebar di kalangan masyarakat.
14. Hindari meniru produk ternama
Hindari pengunaan strategi promosi yang sudah sering
digunakan untuk produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah
digunakan dan memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.
15. Jangan menganggap pesaing sebagai musuh
Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan
competitor hanya akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi
persaingan harga . Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang
harganya stabil.
16. Promosi silang (Cross-promote)
Masukan promosi produk terbaru Anda yang siap
dilaunching, pada setiap kegiatan promosi yang Anda lakukan. Sehingga dalam
satu kali kegiatan promosi, bisa menginformasikan produk yang Anda miliki
semaksimal mungkin.
17. Iklan alternatif akhir
Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena
biasanya memakan banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih
tempat iklan yang tepat pada sasaran Anda. Agar biaya yang dikeluarkan tidak
terbuang sia-sia.
18. Menunggu hasil
Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan
merupakan kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan
hasil saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi selesai.
Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk Anda, dan biarkan waktu yang
bekerja untuk menjualkan produk Anda.
Sumber
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar